Masyarakat Kuansing Rayakan Tradisi Puasa Enam


Dipostingkan tanggal 17 September 2010 15:11:00 
Reflizar 
      
Teluk Kuantan, Riau, 17/9 ( ANTARA ) - Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, merayakan tradisi Puasa Enam yang biasanya digelar pada sepekan Idul Fitri.  Perayaan Puasa Enam dilaksanakan masyarakat Kenegerian Koto Tuo Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir, Jumat, dalam suatu acara kenduri kampung yang juga dihadiri Bupati Kuansing, Sukarmis.
  
Perayaan Puasa Enam dipusatkan di Rumah Godang (Balai Adat) Kenegerian Koto Tuo Baserah. Masyarakat berduyun-duyun datang ke lokasi perayaan sambil masing-masing membawa juadah untuk dimakan secara bersama di balai adat.

"Tradisi budaya yang dimiliki masyarakat Kuantan Singingi sekarang ini memang beragam, akan tetapi sangat sedikit yang muncul ke permukaan, sebagaimana dengan perayaan Hari Raya Enam yang dilaksanakan oleh Kenegerian Koto Tuo Baserah," ungkap Bupati Sukarmis.

  Ia mengatakan, perayaan Puasa Enam dilaksanakan seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat berpuasa selama enam hari yang dimulai pada hari ketiga Idul Fitri dan setelah enam hari berpuasa di bulan Syawal, biasanya mereka merayakannya dengan mengelar makan bersama di Rumah Godang yang dihadiri ninik mamak serta anak kemananakan dan masyarakat sekampung.

   Sukarmis menjelaskan, daerahnya itu memiliki banyak tradisi  yang perlu dilestarikan karena ada beberapa tradisi yang hidup ditengah masyarakat yang kini kondisinya hampir punah seperti Puasa Enam.

Ia mengakui, masyarakat banyak yang alpa  untuk menunaikan puasa sunat selama enam hari di bulan Syawal. Padahal, berpuasa sunat di bulan Syawal bagi masayrakat di daerah itu merupakan tradisi dan itu sebabnya ada perayaan Puasa Enam.

  "Tradisi merayakan Puasa Enam ini tidak datang begitu saja, akan tetapi telah ada secara turun temurun," katanya.

  Perihal kesukuan yang ada di Kenegerian Koto Tuo terdapat empat suku yaitu Melayu, Suku Cemin, Suku Tigo Kampung dan Suku Limo Kampung.

http://www.antarariau.com/id/modul/11144/masyarakat-kuansing-rayakan-tradisi-puasa-enam.html








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita "Sutan Nan Garang" dalam Randai Kuantan, Kab. Kuantan Singingi

Pengarang-Pengarang Riau

Kumpulan "Syair Surat Kapal" dari Kabupaten Indragiri Hulu