Humaniora : Jurnal Fakultas Ilmu Budaya UGM

Redaksi menerima kiriman artikel dengan ketentuan sebagai berikut.

1.Artikel belum pernah dipublikasikan oleh media cetak lain.

2.Artikel berupa hasil penelitian (laboratorium, lapangan, kepustakaan), gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, dan ulasan buku.

3.Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dan diketik dengan spasi 1,5 pada kertas kuarto atau ukuran A4. Jumlah halaman 10 - 20 halaman termasuk daftar pustaka dan tabel.

4.Semua artikel ditulis dalam bentuk esai dan berisi a) abstrak (50-75 kata) dalam bahasa lnggris jika artikel berbahasa Indonesia, dan dalam bahasa Indonesia jika artikel berbahasa Inggris; b) kata-kata kunci (3-5 kata); c) identitas penulis (tanpa gelar akademik); d) pengantar (tanpa subbab) yang memuat latar belakang masalah, sedikit tinjauan pustaka, dan masalah/ tujuan, serta kerangka pemikiran teoritik; e) pembahasan yang disajikan dalam subbab-subbab; f) simpulan; dan g) daftar rujukan. Pustaka yang diacu harus dipakai dan masuk dalam teks artikel.

5.Artikel dapat pula berbentuk resensi buku. Syarat resensi adalah (a) buku yang diresensi relatif baru (terbit tidak lebih dan satu tahun sebelumnya untuk buku berbahasa Indonesia dan dua tahun sebelumnya untuk buku berbahasa asing), (b) panjang resensi 3-5 halaman, dan (c) foto kopi/ scan cover harus dilampirkan.

6. Daftar pustaka ditulis dengan tatacara seperti contoh berikut, diurutkan secara alfabetis, dan kronologis Chatman, Seymour. 1975. Story and Discourse. London: Cornell University Press.
Zainuddin,A. Rahman. 1986. ‘Pokok-pokok Pemikiran Islam dan Masalah Kekuasaan Politik” dalam Miriam Budiardjo. Aneka Pemikiran tentang Kuasa dan Wibawa. Jakarta: Sinar Harapan.

7.Naskah dikirim sebanyak dua eksemplar disertai file artikel tersebut dalam disket dengan menggunakan pengolah kata Microsoft Word.

8.Kepastian pemuatan atau penolakan naskah diberitahukan secara tertulis melalui Pos dan/atau email. Karena itu, bagi penulis yang memiliki alamat e-mail diharap mencatumkannya di dalam naskah. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.

9. Penulis yang artikelnya dimuat wajib memberi kontribusi biaya cetak minimal Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) dan akan mendapatkan 3 (tiga) eksemplar sebagai nomor bukti pemuatan.

10. Keterangan lebih lanjut, kontak: Ibu Veronika, 081227790020, telpon di 0274-513096, atau faksimil 0274-550451. Email di humaniora@ugm.ac.id






 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita "Sutan Nan Garang" dalam Randai Kuantan, Kab. Kuantan Singingi

Pengarang-Pengarang Riau

Kumpulan "Syair Surat Kapal" dari Kabupaten Indragiri Hulu