Rusuh Pilkada Kuansing, Situasi Kota Teluk Kuantan Mulai Kondusif

Senin, 11/04/2011 18:25 WIB
Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
 
Jakarta - Menjelang magrib, situasi kota Teluk Kuantan lebih kondusif setelah siang tadi sempat rusuh pasca dikeluarkannya hasil penghitungan suara Pemilukada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Massa yang awalnya berkonsentrasi di beberapa titik mulai terlihat membubarkan diri.

"Massa mulai kembali ke rumah mereka masing-masing," ujar Kapolres Kuansing AKBP Restiawan saat dihubungi detikcom, Senin (11/4/2011).

Meskipun situasi mulai tenang, sebelum membubarkan diri, massa juga sempat membakar ban bekas untuk kembali membuat suasana gaduh. Untungnya, tidak sampai 30 menit petugas polisi yang berjaga dengan sigap memadamkan api yang menyala di beberapa titik.

Restiawan juga mengatakan, pasca kerusuhan pihaknyna sempat mengamankan 5 orang yang terlibat dalam aksi untuk diminta keterangan. Namun untuk menjaga agar suasana tetap kondusif, 5 orang itu telah dibolehkan pulang.

"Kita hanya sebatas memintai keterangan dalam aski kerusahan tadi. Dan sekarang mereka sudah boleh kembali ke rumahnya. Ini kita lakukan agar tidak menyulut kemarahan warga lain tapi mereka tetap dalam status terperiksa. Tidak ada juga yang ditahan," katanya.

Untuk berjaga-jaga, pihak Polres tetap akan bersiaga di lokasi. Satu pleton dari Brimob dari Polda Riau juga segera tiba di lokasi.

"Sekarang suda ada 170 personel Brimob yang sudah stand by sejak pilkada berlangsung," imbuh Restiawan.

Seperti diberitakan, lebih dari 500 orang sejak siang tadi mengerumuni kantor KPUD setempat. Mereka menunggu hasil sidang pleno yang dilakukan KPUD yang akhirnya memenangkan pasangan Sukarmif dengan Zulkifli dari pasangan lainnya Mursini dan Gumpita.

Massa yang diduga pendukung Mursini ini marah dengan melempari batu ke kantor KPUD. Aksi brutal massa sempat dihadang personel Polres setempat dibantu 170 personel Brimob Polda Riau. Sempat terjadi bentrok dengan polisi dan massa.
(lia/lrn)

http://www.detiknews.com/read/2011/04/11/182527/1613880/10/rusuh-pilkada-kuansing-situasi-kota-teluk-kuantan-mulai-kondusif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita "Sutan Nan Garang" dalam Randai Kuantan, Kab. Kuantan Singingi

Pengarang-Pengarang Riau

Kumpulan "Syair Surat Kapal" dari Kabupaten Indragiri Hulu